Islam Dibilang Teroris, Salah Siapa?

Dan suatu saat ketka saya sedang membaca Al-Quran dengan random di Jum’at malam di akhir hujan yang dingin, saya menemukan penggalan ayat yang berbunyi seperti ini:

“Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan.” (QS Al-Anam: 108)

Lalu sejenak saya ingat sesuatu yang berhubungan dengan ayat ini, yaitu citra Islam sekarang di mata Dunia. Tidakkah kita melihat apa yang menjadikan umat islam di mata dunia identik dengan teroris itu adalah salah kita? Menurut saya dan ayat ini sepertinya begitu. Kitalah yang sebenarnya menciptakan identitas itu sendiri melalui sikap kita yang terkadang tanpa kita sadari intoleran terhadap kelompok lain. Bukankah Tuhan kita sendiri telah berpesan untuk tidak seperti itu? Namun kita abai. Lalu sekarang masih mencoba untuk menyerang lagi? Walaupun ilmu agama saya sangat terbatas, tapi saya tahu bahhwa Islam tak pernah mengajarkan kekerasan. Demikian agar kita merenung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s