Info Terbaru Biaya Pendidikan SBM ITB

Berikut percakapan saya (zulwiyoza@sbm-itb.ac.id) melalui milis civitas SBM ITB yang ditujukan kepada (info@sbm-itb.ac.id), silakan simak.

Dari zulwiyoza@sbm-itb.ac.id ke info@sbm-itb.ac.id:

Selamat siang,

Berikut pertanyaan dari adik kelas saya yang ingin masuk SBM:

“Saya ingin bertanya berapakah biaya pendidikan di SBM untuk tahun depan, apakah ada sistem Uang Kuliah Tunggal juga atau sama saja? Kenapa kuliah di SBM mahal dan berbeda dari fakultas lain? Jika saya tidak mampu membayar 80 juta dan uang semester 13.5 juta tapi saya juga tidak memenuhi kriteria dalam seleksi Bidik Misi maka apa yang harus saya lakukan?”

Mohon pencerahannya, terima kasih.

Best regrads,
Zulwiyoza Putra
School of Business and Management
Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesa 10 Bandung
Jawa Barat – 40132″

Balasan dari info@sbm-itb.ac.id ke zulwiyoza@sbm-itb.ac.id:

Selamat Siang

Mengenai sistem pembiayaan SBM ITB tergantung kebijakan yang di keluarkan oleh ITB, yang semuanya mengacu pada keputusan yang dikeluarkan DEPDIKNAS.

Untuk tahun 2013/2014 Dipastikan kebijakan dari ITB bahwa BPPM sudah tidak diberlakukan lagi. ITB saat ini menetapkan SBM menggunakan skema Uang Kuliah Tunggal yang dibayarkan setiap semester Rp 20 juta/semester.
ITB memberi kemudahan untuk siswa yang berpotensi dan berprestasi, dan ITB sendiri mempunyai beasiswa untuk orang” terpilih yang terbaik. Jika anda memang orang yang berkualitas maka tidak akan mengalami kesulitan untuk berkompetisi di SBM ITB. baik untuk masalah pembiayaan ataupun masalah akademik.

Banyak beasiswa yang bisa diajukan asalkan anda sendiri punya kualitas untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Di SBM ada program orang tua asuh, jika memang ada mahasiswa yang sangat membutuhkan bantuan bisa mengikuti program ini, agar mahasiswa tersebut tetap bisa berprestasi tanpa terlalu mengkhawatirkan masalah biaya kuliah.

Intinya jika mahasiswa tersebut sangat berpotensi tetapi secara ekonomi mempunya hambatan SBM tidak akan tinggal diam. Maka itu berprestasi lah niscaya banyak jalan untuk medapatkan keringanan.

Mengenai perbedaan pembiayaan dengan fakultas lain karena SBM punya sistem pengajaran yang berbeda dan harus ditunjang oleh fasilitas yang berbeda.

Jika anda mempunyai kakak kelas yang sudah menjadi mahasiswa SBM bisa ditanyakan pengalamannya,

Salam,

Marketing Communications
School of Business and Management
Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10 Bandung
P. 022-253 1923
F. 022-2504249
http://www.sbm.itb.ac.id

Demikian informasi yang diberikan oleh SBM ITB mengenai biaya pendidikan untuk tahun 2013/2014. Info lainnya seperti biaya pendidikan di semester pendek dan subsidi masih sedang dibicarakan untuk diambil keputusannya dan akan saya usahakan berikan informasi tersebut di postingan berikutnya.

Semangat terus buat adik-adik yang ingin masuk SBM ITB, semoga kalian diberikan ketekunan dalam perjuangan dan jangan pikir masalah biaya pendidikan lagi. Selamat menghadapi ujian nasional dan ujian tes masuk perguruan tinggi negeri, jangan lupa berdoa ya!

Salam,
Zulwiyoza Putra (19012161)
School of Business and Management
Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10 Bandung
Jawa Barat – 40135

Advertisements

7 thoughts on “Info Terbaru Biaya Pendidikan SBM ITB

    1. Sarjana manajemen di ITB itu perkuliahannya 6 semester normal ditambah 3 semester pendek. Biaya untuk semester normal 20jt/semester. Masih bisa lebih ringan dengan cara pengajuan subsidi atau bidik misi. Untuk semester pendek, saya kurang tau nominalnya. Yang jelas nilainya tidak lebih besar daripada biaya untuk semester normal. Untuk bachelor of entrepreneurship saya kurang tau angkanya berapa.

  1. Saya ortu dari mhsiswa sbm masuk th 2013, sy mndapatkan info trnyata biaya semester pendek sama, sebesar 20jt juga… Kok sama ya? Katanya biaya nya tdk lebih besar dari semester normal.. Mohon info tks

  2. kak, aku ikut sbmptn dengan menggunakan bidik misi. apakah nanti jika keterima di sbm itb beasiswa itu langsung berlaku dan semua biaya di nol kan?

  3. Hay slmat siang maaf mau nanya..
    Sya sblmnya prnh baca di website itb bahwa biaya sbm (nonreguler) 20jt/smstr dan sya melihat jg apa yg d mksd nonreguler dan trnya stlah sya baca d situ ada pndftrn sbm itb yg nonreguler untuk WNI yg brda di luar negri dan untuk mhsswa transfer.. apkah 20jt/smstr yg di mksd itb itu hanya untuk jalur nonreguler ataukah biaya nya sama jg untuk mhsswa yg lolos lewat jalur sbmptn/snmptn 20jt/smstr?? Mhn pnjelasannya jika memang tahu.. trmksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s